Sistem Penanaman Anggrek

Penanaman tanaman anggrek bulan dapat dilakukan baik dengan cara  ditempelkan pada pohon atau pakis, maupun dalam pot.

images_092Ditempelkan pada pohon atau papan pakis : Tanaman anggrek bulan bersifat epifit, sehingga penanamannya dapat dilakukan dengan cara ditempelkan pada pohon yang rindang. Tata cara penanaman tanaman anggrek bulan dengan ditempelkan pada pohon adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bibit anggrek yang sudah berdaun 5 helai, dengan kondisi sehat dan pertumbuhan yang normal.
  2. Ambil bibit tersebut secara hati-hati agar akar-akarnya tidak putus atau rusak, lalu tempelkan pada pohon yang rindang dengan cara diikat erat menggunakan tali rapiah atau kawat.

Selain ditempelkan pada pohon, tanaman anggrek bulan juga dapat ditempelkan pada papan pakis. Tata cara penanaman sistem ini adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan papan pakis atau batang pokok tanaman paku tiang (Alsophila glauca) berukuran panjang 20 cm – 30 cm, lebar 15 cm – 20 cm dan tebal 2 cm – 3 cm.
  2. Ambil bibit anggrek bulan yang layak ditanam.
  3. Tempelkan (lekatkan) bibit anggrek bulan tepat ditengah – tengah papan pakis.
  4. Kuatkan posisi tanaman anggrek bulan dengan kawat berbentuk huruf U yang dijepitkan pada batang tanaman dan papan pakis.

images_153images_044Dalam Pot : Sistem penanaman tanaman anggrek bulan dalam pot dilakukan melalui tahap-tahap kegiatan pokok sebagai berikut:

  • Penyiapan pot dan medium tanam : Pot dan medium tanam yang dipersiapkan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Siapkan pot tanah berdiameter 20 cm – 30 cm atau disesuaikan dengan ukuran tanaman anggrek bulan.
  2. Siapkan medium tanam (pengisi pot) yang berupa pecahan bata merah atau arang, cincingan pakis atau sabut kelapa yang telah dibersihkan (dicuci) dan direndam dalam larutan pupuk atau pestisida.
  • Pengisian medium tanam ke dalam pot : Pengisian medium tanam ke dalam pot dilakukan melalui tahap-tahap kegiatan berikut:
  1. Ambil pot terpilih, lalu periksa bagian dasarnya. Bila belum ada lubang, buat lubang kecil sebagai saluran pembuangan air yang berlebihan.
  2. Masukkan dan atur selapis pecahan bata merah atau arang pada dasar pot.
  3. Isikan medium tanam yang berupa cincangan pakis atau serabut kayu ke dalam pot, hingga cukup penuh.
  • Penanaman : Penanaman anggrek bulan dalam pot dilakukan melaui tahap-tahap sebagai berikut:
  1. Ambil bibit anggrek bulan dari pot komunitas secara hati-hati agar akar-akarnya tidak rusak atau patah.
  2. Tanamkan bibit anggrek bulan tepat di tengah-tengah pot, alu timbun dan tutup dengan medium tipis.  Penanaman anggrek bulan juga dapat dilakukan dalam pot modifikasi, yakni tanaman anggrek ditanam atau ditempelkan pada salah satu sisi pot yang berlubang.

Tentang astini99

_Semangat Damai_
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar